Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 Bidang IT Network System Administration

Be Smart, Be Master, Be a Professional

Rabu 28 Juli 2021, hari ini salah satu perwakilan siswa TKJ SMKN 4 Bogor atas nama Haekal dari kelas XII-TKJ 3, yang didampingi oleh Bapak Muhammad Zaki Sahil Mobarok, S.Kom selaku guru pembimbing, sedang mengikuti kegiatan LKS Tingkat Provinsi Bidang IT Network System Administration yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari mulai dari tanggal 28 – 29 Juli 2021 dan diikuti oleh 26 peserta dari berbagai SMK. Kegiatan LKS kali ini berbeda dengan kegiatan LKS sebelumnya, adanya pandemi Covid-19 maka seluruh kegiatan LKS dilakukan secara daring dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Bidang Lomba IT Network System Administrastion (IT NSA) pada Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK merupakan lomba kompetensi yang menguji keahlian siswa SMK dalam teknologi sistem administrasi server dan sistem jaringan serta integrasi sistem pada teknologi yang sedang berkembang serta digunakan pada industri saat ini.

Bidang lomba IT Network Systems Administration merupakan bidang lomba yang berkaitan dengan pekerjaan sebagai Network Administrator dan System Administrator dengan kompetensi tertinggi yang dilombakan setara dengan sertifikasi sebagai berikut:

  1. Cisco Certified Network Associate (CCNA) Routing and Switching;
  2. Cisco Certified Network Associate (CCNA) Security;
  3. Microsoft Certified Solutions Expert (MCSE): Desktop Infrastructure;
  4. Microsoft Certified Solutions Expert (MCSE): Server Infrastructure;
  5. Advanced Level Linux Certification LPIC-2 or equivalent skill set.

Adapun tingkat kesulitan soal disesuaikan dengan kurikulum pendidikan SMK dan tingkat kemampuan serta kenyamanan peserta untuk menyelesaikan soal dengan bentuk proyek uji yang diberikan mengikuti World Skills Standar Spesifcation (WSSS).

Bentuk proyek uji LKS 2021 bidang IT Network Systems yang dilakukan secara daring tidak jauh berbeda dengan LKS tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara langsung disatu tempat. Setiap peserta mengerjakan secara remote kepada server yang sudah disediakan oleh juri dan panitia dari rumah atau sekolah masing-masing. Infrastruktur server akan disiapkan disatu data center berupa cloud infrastructure as a service yang dapat diakses peserta di semua daerah. Setiap peserta dari rumah atau sekolah masing-masing hanya cukup menyediakan laptop atau komputer yang digunakan untuk remote server tersebut serta dilengkapi kamera dan aplikasi khusus untuk membantu pengawasan

Di hari pertama ini, peserta melaksanakan lomba pada Modul A – Network Systems (Packet Tracer) terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan Modul B – System Integration (Part 1). Pada lomba hari ke 2  peserta melanjutkan untuk mengerjakan Modul B – System Integration (Part-2) kemudian kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan mengerjakan Modul C – Network Devlopment Operations (NetDevOps).  

Semoga kegiatan ini bisa menjadi pengalaman berharga bagi sekolah dan siswa pada khususnya. Semoga LKS kali ini juga ini diberikan kelancaran dan untuk Haekal, selaku peserta lomba, bisa diberikan kemudahan dalam mengerjakan setiap kegiatan lomba. Amin. Mohon do’a kepada semuanya, tetap semangat dan terus optimalkan semua potensi yang ada untuk memberikan yang terbaik bagi sekolah kita yang tercinta ini. Semangat !!