Kompetensi Keahlian TFLM SMKN 4 Bogor Turut Menunjukkan Performanya dalam LKS Jabar XXIX Tahun 2021 Bidang Teknik Pengelasan (Welding)

Be Smart, Be Master, Be a Professional

Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat para siswa SMKN 4 Kota Bogor untuk berkompetisi menunjukkan kemampuannya dalam kegiatan LKS Tingkat Provinsi Jawa Barat yang ke – XXIX tahun 2021. Beberapa perwakilan dari semua jurusan yang ada di SMKN 4 Kota Bogor ikut menunjukkan kemampuan dan dedikasinya dalam kegiatan LKS tahun ini. Jurusan Kompetensi Keahlian Teknik Fabrikasi Logam & Manufaktur (TFLM) turut mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti kegiatan LKS pada bidang lomba Teknik Pengelasan (Welding). Siswa yang menjadi peserta dalam bidang lomba Welding adalah Muhammad Alghifari Gunawan dari Kelas XIII TFLM 2 dengan pembimbing Bapak M. Ramdan, S.Pd.

Welding adalah salah satu proses manufaktur penting yang terikat oleh standar nasional maupun internasional, standarisasi dilakukan untuk mengontrol kualitas hasil pengelasan dan kompetensi seorang welder (Juru las). Seorang welder harus bisa menerjemahkan gambar teknik, standar dan simbol dengan benar. Selain itu, seorang welder juga harus memiliki pengetahuan atau pemahaman tentang bekerja dengan cara aman dan mampu mengantisipasi bahaya yang mungkin terjadi pada pekerjaan pengelasan. Pelaksanaan LKS ini mengacu kepada Standar Keterampilan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) kompetensi keahlian Teknik Pengelasan, Asean Skill Competition (ASC), Word Skill Competition (WSC), Standar Pengelasan, dan Panduan Teknis pelaksanaan LKS SMK Tingkat Provinsi Jawa Barat. Adapun materi LKS yang diujikan tahun ini adalah Proses Pengelasan Shield Metal Arc Welding (SMAW) dengan posisi pengelasan 6G. Sambungan Butt Joint One Side Full Penetration, material pipa baja karbon rendah (A 106 Gr.B) ø 4 inchi, Sch. 80. Waktu pengerjaan untuk bidang lomba ini adalah 165 menit.

Pelaksanaan LKS bidang welding dilakukan dengan proses pemantauan jarak jauh dan penilaian akan dilakukan setelah material diterima oleh juri, sedangkan proses pengelasan dilaksanakan secara langsung oleh peserta di daerah masing – masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Kegiatan LKS bidang welding berlangsung dari tanggal 3 – 4 Agustus 2021. Semoga pelaksanaan LKS ini dapat mendorong siswa maupun guru dan manajemen sekolah untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang mengacu pada standar nasional dan internasional. Hal yang paling utama dalam kegiatan ini adalah memberikan ilmu yang paling berharga yaitu pengalaman dan semangat untuk berkompetensi meningkatkan keterampilan dan pengetahuan khususnya di bidang Teknik Pengelasan (Welding).